Andi Widjajanto: Hasil Survei Internal, 03 dan 01 Masuk Putaran Kedua

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andi Widjajanto mengklaim pihaknya melihat ada kesalahan dalam proses survei yang dilakukan lembaga lain.

 

Jakarta, CNN Indonesia — Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andi Widjajanto mengklaim berdasar hasil survei internalnya pasangan calon nomor urut 1 dan 3 yang masuk putaran kedua Pilpres 2024.
Hal itu disampaikan Andi merespons hasil sejumlah lembaga survei yang menyatakan elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran telah lebih dari 50 persen.

“Di survei internal kami, di triangulasi kami malah yang maju putaran dua 03 dan 01,” kata Andi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/2).

Saat disinggung soal perbedaan hasil survei TPN dengan sejumlah lembaga survei, Andi mengklaim pihaknya melihat ada kesalahan dalam proses survei mereka.

“Kami bisa melihat di mana surveinya bermasalah sih, di kecamatan mana, di desa mana, kalau kita lihat datanya,” ujarnya.

Salah satu survei yang menyatakan suara Prabowo-Gibran telah lebih dari 50 persen adalah LSI Denny JA.

Pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan 50,7 persen. Disusul Anies-Cak Imin 22,0 persen dan Ganjar-Mahfud 19,7 persen. Survei dilaksanakan pada 16-26 Januari 2024 dengan jumlah responden 1.200 orang.

Sementara survei Populi Center, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul sebesar 52,5 persen.

Lalu Anies-Cak Imin mendapatkan dukungan sebesar 22,1 persen dan Ganjar-Mahfud MD hanya 16,9 persen.

Terdapat 6,3 responden belum memutuskan dan 2,2 persen lainnya menolak menjawab. Survei digelar pada 27 Januari-3 Februari dengan jumlah 1.500 responden.

Kemudian survei terbaru Survei Political Statistics (Polstat) Prabowo-Gibran menempati posisi pertama dengan elektabilitas 52,8 persen.

Disusul Anies-Cak Imin dengan 26,5 persen dan Ganjar-Mahfud MD dengan 18,2 persen. Sementara, sebanyak 2,5 persen responden belum dapat menentukan pilihan (undecided voters).

(yoa/fra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*