Pembangunan Masjid Negara di IKN Dimulai, Ongkosnya Capai Rp940 Miliar

Pembangunan Masjid Negara di IKN Dimulai, Ongkosnya Capai Rp940 Miliar

Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2023). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan atau groundbreaking Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). Pembangunan masjid itu memakan biaya konstruksi mencapai Rp 940 miliar.

“Nilai konstruksinya mencapai Rp 940 miliar, memang sangat besar masjid ini nanti,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan masjid ini dapat menampung 61 ribu jamaah. Di sekeliling masjid itu nantinya akan dikelilingi air yang berasal dari embung buatan.

“Jadi saya bayangkan masjid ini akan https://hellokas.store/  sangat indah dari luar dan akan sangat indah interiornya dari dalam,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi bilang masjid juga dilengkapi infrastruktur di kawasan seperti lansekap dan utilitas seperti jalan dan jembatan. Juga pembangunan rumah ibadah lainnya seperti gereja katedral, vihara, pura, klenteng, dan lainnya, sehingga menunjukkan citra persatuan dan keragaman.

Adapun, target pembangunan masjid ini selesai pada akhir tahun 2024 atau sekitar 400 hari kalender masa pembangunan. Jokowi berharap keberadaan masjid ini dapat merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana meningkatkan iman dan takwa serta tempat berbagai aktivitas keagamaan maupun sosial.

“Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-negara negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*