Rahasia Umur Panjang Terungkap, Jangan Makan 6 Makanan Ini

Ilustrasi cream cheese. (Dok. Freepik)

 Ada banyak cara untuk berumur panjang. Termasuk dengan mengendalikan pasokan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Michiko Tomioka seorang ahli nutrisi menjelaskan ada enam makanan yang perlu dihindari.

Berikut daftarnya dirangkum dari CNBC Indonesia, Senin (22/5/2023):

1. Hotdog

Daging olahan ini memang salah https://kecoak123.shop/ satu makanan enak dan tidak bisa dihindari bagi yang ingin makanan ringan. Namun ternyata makanan ini tinggi garam dan juga mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan risiko kanker seperti kolorektal dan payudara.

Anda bisa menggantinya dengan tahu, yang tinggi protein dan rendah garam. Selain itu juga bisa makanan bola nasi multigrain dengan tuna dan dibungkus rumput laut.

2. Hamburger Fast Food

Hamburger dari restoran fast food juga digemari banyak orang. Ini terjadi meskipun banyak orang yang tahu risiko dari makanan tersebut, yakni membuat kembung dan lelah, serta tinggi garam, lemak trans dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Untuk mengganti makanan tersebut, Anda bisa memakan burger tahu. Selain itu juga bisa meletakkan patty tahu di atas bola nasi merah dan taburan edamame.

3. Soda Manis

Minum soda manis menyimpan risiko terkena penyakit, seperti diabetes tipe 2. Soda dengan pemanis buatan juga bisa mempersulit Anda untuk fokus dan memicu migrain.

Untuk menghindarinya, Anda bisa meminum teh hijau seperti es matcha atau hojicha yang mengandung sedikit kafein.

4. Sereal Manis

Sereal memang jadi pilihan untuk sarapan yang praktis di pagi hari. Namun sereal yang manis bisa menyebabkan masalah tekanan darah, menambah berat badan, meningkatkan peradangan, dan risiko diabetes.

Anda bisa memakan natto untuk penggantinya. Makanan dari Jepang itu terbuat dari kedelai yang difermentasi bersama dengan nasi multigrain.

5. Krim Keju

Krim keju sebenarnya mengandung kalsium dan protein baik. Namun juga bisa hanya memberi lima gram protein dan satu ons bisa mengandung 27 miligram kolesterol.

Untuk penggantinya, makanlah selai. Bisa juga beraroma seperti kinako yang terbuat dari tepung kedelai dan pasta wijen.

6. Permen

Makanan manis ini bisa jadi favorit semua orang. Terlalu banyak gula bisa berbahaya untuk jantung dan otak.

Untuk memuaskan keinginan makanan manis, Anda bisa memakan puding biji chia dengan madu atau sirup agave, pisang beku dan cokelat hitam tanpa pemanis. Selain itu juga bisa memakan sepotong kecil kue.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*