Ramai Isu Menteri Mundur dari Kabinet Jokowi, Ini Kata Luhut!

Ramai Isu Menteri Mundur dari Kabinet Jokowi, Ini Kata Luhut!

Faisal Basri ‘Serang’ Data Hilirisasi RI, Ini Kata Luhut

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan buka suara soal isu mundur banyak menteri dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Secara tegas Luhut mempersilahkan niatan tersebut.

“Silahkan saja mundur, sudah ditawarin mundur nggak mundur-mundur,” ungkap Luhut di kantornya, Jumat (26/1/2024)

Diketahui beberapa menteri dikabarkan ingin mundur akibat panasnya situasi kabinet jelang pemilihan presiden 2024. Satu yang sudah dipastikan siap mundur adalah Mahfud MD dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam).

“Pada saat yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik,” ujar Mahfud beberapa waktu lalu.

Menurut Mahfud, ia berupaya memberikan contoh agar pejabat negara tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye. Namun, hingga saat ini pengunduran diri itu belum dilakukan. Ia mengungkap ada beberapa alasan.

“Kenapa ini tidak dilakukan sekarang? Menurut aturan, itu tidak dilarang. Dulu yang tidak dilarang itu menteri, pejabat-pejabat pusat. Kemarin, ditambah lagi, Wali Kota pun tidak harus mundur,” jelasnya.

Jokowi pun sudah mendengar kabar tersebut. Dia sangat menghargai keputusan Mahfud untuk mundur dari kabinet.

“Ya itu hak dan saya sangat menghargai,” kata Jokowi.

Bukan hanya Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun buka suara soal Mahfud ingin meninggalkan jabatan Menteri. Menurut Ketua Umum Golkar itu, keputusan mundur tidaknya nantinya menjadi hak prerogatif presiden.

“Ya kalau itu kan kembali terpulang pada Pak Mahfud MD. Tetapi kita ketahui bahwa jabatan menteri itu hak prerogatif pak presiden jadi itu supaya clear aja,” kata Airlangga usai penyerahan bantuan pangan di Gudang Bulog Indramayu, Jawa Barat.

Nama lain yang dikabarkan juga akan mundur adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Menteri ESDM Arifin Tasrif.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*