Serangan Bertubi-tubi ke Rusia, Kilang Minyak Dihantam Drone

Rekaman CCTV jelas dari serangan Drone UAV di fasilitas bahan bakar di Krasnodar Krai Rusia. Narator mengklaim drone pertama ditembak jatuh oleh rudal s2a dan rudal lain tidak mengejar drone kedua yang menabrak tangki minyak. (Tangkapan Layar Video Twitter @EuromaidanPress)

Militer Ukraina mengatakan bahwa depot minyak di Krasnodor, Rusia selatan, telah diserang. Laporan yang belum dikonfirmasi di media sosial mengatakan itu adalah kilang minyak Ilsky di Krasnodor Krai – depot minyak yang berbeda dari yang terkena serangan sehari sebelumnya, yang juga berada di Krasnodor, di desa Volna.

Menurut informasi di laman resminya, Ilsky adalah salah satu kilang terbesar di Rusia selatan.

Menurut laporan TASS, yang dikutip The Guardian, Kamis (4/5/2023), layanan darurat mengatakan mereka telah memadamkan api di kilang minyak besar di Rusia itu, dua jam setelah terkena serangan pesawat tak berawak (drone).

Sehari sebelumnya, depot bahan bakar lebih jauh ke barat terbakar di dekat jembatan yang menghubungkan daratan Rusia dengan semenanjung Krimea yang diduduki.

“Malam penuh gejolak kedua untuk layanan darurat kami,” tulis gubernur Krasnodar Veniamin Kondratyev di Telegram, menambahkan bahwa tangki dengan produk minyak terbakar di kilang Ilsky.

Tidak ada korban jiwa, katanya, namun dia tidak mengatakan bagaimana kebakaran itu dimulai.

Ukraina jarang mengklaim bertanggung jawab atas apa yang dikatakan Moskow sebagai serangan pesawat tak berawak yang sering terjadi terhadap infrastruktur dan sasaran militer, terutama di wilayah yang dekat dengan Rusia.

Moskow menyalahkan Ukraina atas serangan pada 29 April yang membakar depot minyak di Sevastopol. Militer Kyiv mengatakan merusak logistik Rusia adalah bagian dari persiapan untuk serangan balasan yang telah lama diharapkan.

Terbaru, Rusia digegerkan oleh serangan drone ke kediaman Presiden Vladimir Putin di Kremlin, Rabu (3/5/2023). Moskow menuding Ukraina sebagai pelakunya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah klaim Moskow bahwa Ukraina telah berusaha untuk membunuh pemimpin Rusia Vladimir Putin setelah Rusia mengatakan dua drone ditembak jatuh di atas Kremlin.

“Kami tidak menyerang Putin… Kami bertempur di wilayah kami, kami mempertahankan desa dan kota kami,” kata Zelensky kepada wartawan dalam konferensi pers dengan para pemimpin Nordik di Helsinki, dikutip AFP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*