Ulah Amerika, Harga Minyak Mentah Dunia Semakin Ambruk

Kilang minyak

Harga minyak anjlok pada awal perdagangan Kamis (4/5/2023) setelah Federal Reserve Amerika Serikat (AS) menaikkan suku bunga sebanyak 25 bps yang dapat memperlambat laju ekonomi Amerika Serikat (AS).

Harga minyak mentah WTI melemah hingga 1,12% ke posisi US$67,8 per barel sementara harga minyak mentah brent juga dibuka melemah hingga 0,78% ke posisi US$71,42 per barel.

Pelemahan ini memperpanjang tren negatif minyak dunia yang juga terperosok dalam pada hari sebelumnya.

Pada perdagangan Rabu (3/5/2023), minyak WTI juga ditutup ambruk 4,27% ke posisi US$68,6 per barel sementara minyak brent anjlok 4,33% ke posisi US$71,98 per barel.

Pada Rabu sore waktu AS atau Kamis dini hari waktu Indonesia (4/5/2023), bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga sebesar 25 bps menjadi 5,0-5,25%.

Kenaikan ini menekan harga minyak karena para pedagang khawatir suku bunga yang tinggi akan menahan laju pertumbuhan ekonomi sehingga permintaan energi berkurang.

Bank Sentral Eropa juga diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada pertemuan hari Kamis. Jika suku bunga AS kembali naik maka itu akan semakin  menekan harga minyak.

Terlebih, pasokan bensin masih memadai. Data pemerintah AS menunjukkan persediaan bensin secara tak terduga naik 1,7 juta barel pekan lalu. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan 1,2 juta barel.

Persediaan minyak mentah turun 1,3 juta barel dalam sepekan, lebih besar dibandingkan dengan perkiraan penurunan 1,1 juta barel.

Sementara itu, China melaporkan jika aktivitas manufaktur April turun. Tiongkok adalah konsumen energi terbesar dunia dan konsumen terbesar minyak mentah kedua di dunia setelah AS.

Pelemahan manufaktur China menjadi sinyal jika permintaan sumber energi ke depan bisa turun.

Morgan Stanley menurunkan perkiraan harga Brent menjadi $75 per barel pada akhir tahun. Harga tersebut jauh di atas tahun lalu yang berada di kisaran US$ 100 per barel.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*