Warga Rusia Syok, Peta Rahasia Ungkap Kejamnya Perang Ukraina

Depot bahan bakar di Sevastopol, Crimea, wilayah yang dikuasai Rusia terbakar di tengah pertempuran sengit antara pasukan Rusia dan Ukraina, Sabtu (29/4). (Sevastopol Governor Mikhail Razvozhaev telegram channel via AP)

Penyensoran konten di Rusia bisa dibilang ketat, serupa dengan China. Informasi soal perang di Ukraina pun sulit diakses oleh warga.

Namun, peta rahasia di dalam video game populer ‘CS:GO’ membeberkan semua informasi dan fakta tentang kejahatan invasi Rusia ke Ukraina.

CS:GO merupakan game populer di dunia dengan 11% pemainnya berasal dari Rusia. Dikutip dari Insider, Kamis (4/5/2023), game counter strike tersebut memiliki ruang rahasia yang berisi informasi mengejutkan bagi warga Rusia.

Beberapa di antaranya seperti kondisi kerusakan yang terjadi di area konflik, jumlah korban, serta kejahatan perang yang terjadi.

Salah satu informasinya memuat warga Rusia yang meninggal dalam perang kini berjumlah 70.000. Selain itu, ditunjukkan pula kuburan massal di Bucha dan Irpin.

“Banyak orang Rusia tak tahu soal apa yang terjadi di Ukraina. Ruang rahasia di CS:GO akan memaksa mereka melihat kenyataan dengan mata mereka sendiri,” kata Helsingin Sonamat, media asal Finlandia yang merancang peta rahasia tersebut.

Peta rahasia bernama ‘de_voyna’ yang dimuat di dalam CS:GO berbasis pada kota fiktif, Slavik. Peta itu di-upload pada awal pekan ini.

Dalam waktu singkat, game itu langsung masuk ke daftar paling banyak di-download untuk genre first-person shooter (penembak tunggal).

Seorang pemain bernama Lukasz Pozyczek membagikan video yang memperlihatkan lokasi peta rahasia itu ke Twitter. Ia membagikannya agar lebih banyak orang yang bisa mengakses informasi di dalam game.

“Harian Finlandia Helsingin Sanomat membuat peta CS:GO – de_voyna. Ada ruang tersembunyi dengan informasi nyata tentang kejahatan Rusia di Ukraina,” kata dia.

Valve selaku pengembang game CS:GO diketahui masih membuka akses untuk warga Rusia. Padahal, beberapa perusahaan game sudah menarik produk mereka setelah invasi Rusia ke Ukraina. Terkait sisipan peta rahasia di dalam game-nya, Valve belum buka suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*